Print Shortlink

5 Langkah Mendapatkan Modal Usaha Bisnis

Modal usaha ialah sisi penting dalam berusaha. Tanpa ada modal yang ideal akan sulit menjalankan usaha secara baik. Karena itu, sering ada pertanyaan bagaimana cari modal usaha yang tepat? Kami mengulas enam langkah mencari modal usaha.

5 Langkah Mendapatkan Modal Usaha Bisnis

Selain harus mempunyai potensi oke dalam melakukan bisnis, Anda juga harus memerhatikan bagaimana potensi keuangan untuk memberikan dukungan jalannya usaha.

Satu potensi dalam melakukan bisnis akan sia-sia bila tidak dibarengi dengan modal usaha yang cukup. Serta keperluan pada hal tersebut tidaklah sedikit.

Anda harus memutar otak dalam mengakhiri permasalahan ini.

Perlu untuk diketahui sebenarnya untuk memperoleh modal usaha bukan masalah susah seperti seseorang pikirkan. Sekarang banyak langkah dapat dilakukan, dari mulai utang ke bank sampai cari investor.

Tetapi, semuanya ada resiko dibaliknya.

Kami mengumpulkan cara-cara untuk menghimpun dana untuk modal usaha (rujukan Duwitmu.com).

1. Dana pribadi

Memakai dana pribadi dalam membuka usaha adalah salah satu langkah paling bijak serta tidak beresiko. Ini dapat berupa tabungan atau menjual beberapa aset bernilai.

Namun, sebelum melakukan pastikan dahulu masalah potensial kedepan usaha itu, cerah atau mungkin tidak.

Dana pribadi harus dihitung dengan cermat saat akan dipakai untuk usaha sebab selain Anda masih ada keluarga yang bergantung pada dana pribadi untuk hidup.

2. Utang

Contoh dari Pixabay.com
Langkah setelah itu ke arah bank untuk memperoleh pertolongan utang untuk modal usaha. Credit Multiguna (KMG) adalah program dengan memberi jaminan, contohnya kendaraan bermotor, rumah atau property yang lain.

Umumnya bunganya sekitar di antara 9-12 % dengan waktu 5-20 tahun, tergantung jumlahnya uang yang dipinjam.

Ada juga KUR yang memberi bunga bantuan cuma 5% satu tahun serta dapat digunakan untuk modal usaha.

3. Jalin kerja sama

Jika Anda mempunyai sahabat atau keluarga dengan ketertarikan yang sama serta punya niat untuk membuatnya usaha, cara itu dapat dijadikan pilihan. Bisa rekan usaha memberi pertolongan berbentuk modal usaha atau menolong dalam operasional sehari-hari.

Saat Anda merajut kerja sama dalam usaha, harus ada persetujuan masalah pembagian hasil supaya kedua pihak tidak merasa dirugikan. Untuk lebih amannya buat dengan cara tercatat serta bertanda tangan guna memperhitungkan berlangsungnya hal tidak baik di masa yang akan datang.

4. Investor

Ini sebetulnya mempunyai kemiripan dengan menjalin kerja sama.

Pihak ke-3 akan memberi pertolongan modal usaha kepada Anda. Perbedaannya investor hanya memberi dana tanpa ada turut terlibat dalam operasionalnya.

Namun, harus juga ada persetujuan atau kesepakatan mengenai pembagian hasil antara kedua pihak, supaya tidak ada yang merasa dirugikan di masa yang akan datang. Untuk jaga-jaga seharusnya dibuat dengan cara tercatat serta diberi tanda tangan.

Banyak perusahaan start-up memakai dana investor atau diketahui untuk Venture Capital (VC) untuk mengawali usaha. Keterlibatannya, beberapa saham akan dimiliki oleh VC.

5. Utang ke keluarga atau rekan

Contoh dari Pixabay.com
Umumnya melakukan utang ke rekan serta saudara tidak dikenai bunga atau penambahan uang, namun nominal yang diberi pun tidak sebanyak meminjam ke bank.

Baca juga:

Leave a Reply