Print Shortlink

2 Jenis Produk Yang Bisa Anda Jual Melalui Internet

Apakah itu Internet Marketing ?

Bagi orang yang sudah terbiasa bermain internet, istilah internet marketing tentu saja bukan sesuatu yang asing lagi. Internet marketing tersusun atas 2 buah suku kata, yaitu internet dan marketing. Internet artinya adalah jaringan atau online, sedangkan marketing memiliki arti pemasaran. Jadi secara bahasa Internet marketing artinya adalah cara pemasaran suatu produk yang di kerjakan lewat internet. 

Ada 2 jenis produk yang bisa anda jual melalui internet. Yaitu produk milik sendiri dan produk milik orang lain.

  1. Produk sendiri

Produk sendiri adalah produk yang anda miliki sendiri. Produk milik sendiri tersebut bisa berupa produk yang berbentuk barang atau bisa juga kemampuan atau skill yang anda miliki.

Contoh, jika :

  1. Anda adalah seorang yang ahli membuat kue, anda dapat menjual kue bikinan anda secara online lewat akun media sosial yang anda miliki.
  2. Anda adalah seorang guru matematika, anda dapat membuka kursus online pembelajaran matematika melalui skype atau whatsup.
  3. Abda adalah seorang yang ahli dalam bermain alat musik, misalnya piano atau gitar. Anda dapat membuka kursus pembelajaran online bermain gitar atau piano.
  4. Dan masih baanyak lagi yang lainnya.

Pada intinya apapun usaha anda didunia konvensional dan apapun kemampuan anda, anda bisa menjualnya secara online.

  1. Produk orang lain

Jika anda merasa tidak memiliki produk ataupun kemampuan yang bisa anda jual secara online, jangan khawatir sebab anda bisa menjualkan produk ataupun keahlian dari orang lain. Dalam internet marketing, usaha untuk menjualkan produk milik orang lain ada banyak sekali. Kegiatan menjualkan produk orang lain melalui penjualan online bisa dengan cara menjadi reseller, dropship dan atau menjadi affiliate.

Contoh kegiatan menjual produk orang lain diantaranya yaitu:

  1. Anda memiliki teman atau tetangga yang memiliki toko baju. Anda bisa ikut menjualkan produk baju tersebut secara online di media sosial yang anda miliki. Dan jika baju yang anda pasarkan tersebut laku terjual anda dapat memperoleh keuntungan. Oh ya keuntungan dari penjualan baju yang bisa anda jual sebaiknya dinegosiasikan terlebih dahulu dengan pemilik produk baju tersebut sebelumnya.
  2. Anda memiliki teman atau tetangga yang berprofesi sebagai tukang servis AC. Andapun dapat bernegosiasi dengan teman atau tetangga anda tersebut untuk membantu mencarikan pelanggan secara online dengan perhitungan sistem komisi sekian persen dari setiap pelanggan yang anda dapatkan secara online.
  3. Anda memiliki teman atau tetangga yang berjualan ikan hias. Anda dapat ikut berjualan secara online memasarkan ikan hias . Dengan sistem komisi yang dinegosiasikan terlebih dahulu dengan pemilik usaha.
  4. Dan lain sebagainya.

Setiap orang sebenarnya memiliki potensi untuk melakukan pekaerjaan internet marketing. Tergantung dari individu masing masing mau mengexplore kemampuannya atau tidak.

Produk yang dapat di jual secara online bukan hanya berupa barang, bakat atau kemampuan seseorang dibidang tertentu juga bisa dipasarkan secara online.

Apakah anda siap bisnis online ..?

Inti dari bisnis online atau internet marketing adalah menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Melihat wilayah market yang begitu luas dari internet marketing, uang yang dihasilkanpun bisa tidak terhingga.

Yuuuk… siapkan diri anda sekarang juga. Masuki dunia pemasaran yang tak terbatas oleh waktu dan jarak. Explore kemampuan anda dalam berjualan dan menjadi bagian dari dunia internet marketing. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Mencari Penghasilan Tambahan Lewat Internet Di SB1M

Leave a Reply